Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami dan Efektif

Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami dan Efektif

Menghilangkan bau mulut ternyata tidak perlu ribet apalagi menyusahkan. Anda bisa menghilangkan bau mulut secara efektif dengan cara-cara alami.

Bau mulut, atau halitosis, adalah masalah yang dialami cukup banyak orang. Umumnya, bau mulut disebabkan oleh penumpukan bakteri di dalam mulut karena kebersihan mulut yang buruk sehingga mengakibatkan inflamasi atau peradangan dan gas yang berbau seperti sulfur.

Meski demikian, penyebab bau mulut sebenarnya bisa bermacam-macam.  Beberapa hal yang bisa mengakibatkan bau mulut antara lain adalah penyakit gusi atau jaringan penyangga gigi (jaringan periodontal), mulut kering, konsumsi obat-obatan tertentu terutama obat untuk mengatasi tekanan darah tinggi dan depresi dan merokok. Pada beberapa kasus, bau mulut bisa menjadi gejala dari penyakit sistemik tertentu, seperti infeksi saluran pernapasan, gangguan pencernaan, diabetes ataupun kelainan pada hati.

Menghilangkan Bau Mulut untuk Jangka Panjang

Cara terbaik menghilangkan bau mulut tentu saja adalah dengan menjaga kebersihan mulut. Bukan hanya itu, Anda juga harus memperhatikan apa yang harus Anda makan karena dapat mempengaruhi bau mulut.

Berikut adalah cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan bau mulut untuk jangka panjang:

  • Sikat gigi atau flossing rutin

Menyikat gigi atau flossing alias membersihkan sela-sela gigi dengan benang secara teratur dapat membantu menghilangkan bau mulut yang Anda alami. Kebiasaan ini akan membantu menghilangkan plak atau kotoran yang menempel pada gigi yang menyebabkan bau mulut. Sikatlah gigi Anda setidaknya dua kali sehari dan flossing satu kali sehari.

Meskipun demikian, tidak perlu berlebihan dalam menyikat gigi ataupun flossing. Menyikat gigi terlalu sering dapat mengakibatkan gigi Anda lebih rapuh terhadap risiko membusuk.

  • Bersihkan lidah Anda

Bukan hanya menyikat gigi, Anda juga perlu membersihkan lidah untuk menghilangkan bau mulut. Pasalnya, lapisan atas lidah kerap ‘dihuni’ oleh bakteri yang menimbulkan bau tak sedap. Menyikat lidah dari belakang hingga depan dapat menghilangkan sisa-sisa makanan, bakteri ataupun sel-sel mati yang tidak bisa diatasi dengan sekedar menyikat gigi.

  • Sering berkumur dengan mouthwash

Salah satu cara efektif untuk menghilangkan bau mulut adalah dengan berkumur menggunakan mouthwash. Bukan hanya memberikan rasa segar pada mulut Anda, berkumur pun dapat menghilangkan bau mulut yang disebabkan bakteri dalam mulut. Agar lebih efektif, Anda bisa berkumur secara rutin setelah makan sehingga dapat menghilangkan partikel-partikel makanan yang tersangkut di sela-sela gigi.

  • Perhatikan kesehatan gusi

Bukan hanya kesehatan gigi dan lidah yang perlu dijaga untuk menghilangkan bau mulut, kesehatan gusi pun harus diperhatikan. Pasalnya, gusi yang jarang dibersihkan dapat menjadi sarang bakteri yang senang berkumpul di bagian dasar gigi. Jika tidak segera diatasi, Anda bisa terkena penyakit gusi sehingga membutuhkan penanganan lebih lanjut.

  • Hindari makanan yang menyebabkan bau
makanan penyebab bau mulut
makanan penyebab bau mulut

Usaha menghilangkan bau mulut Anda tidak akan berarti jika Anda terus mengonsumsi makanan yang menyebabkan bau tak sedap. Hindari, atau setidaknya kurangi, makanan seperti bawang putih, bawang bombay dan makanan-makanan pedas. Sebaliknya, konsumsi makanan sehat dengan memperbanyak sayur dan buah, terutama yang mengandung banyak air. Sayur dan buah dengan kandungan air yang banyak dapat membantu membersihkan mulut Anda dari sisa-sisa makanan. 

  • Stop rokok dan konsumsi minuman beralkohol

Jika Anda seorang perokok, inilah saat yang tepat untuk menghentikan kebiasaan itu. Pasalnya, rokok dan alkohol dapat memicu terjadinya periodontitis atau peradangan pada jaringan penyangga gigi yang dapat mengganggu kebersihan mulut.  Lebih lanjut, alkohol pun mampu mempengaruhi produksi air liur sehingga mendorong bakteri berkembang semakin cepat di dalam mulut.

  • Usahakan agar mulut tetap lembab

Air liur atau saliva yang kurang bisa mengakibatkan bau mulut atau bahkan gigi membusuk. Sering minum air putih atau mengonsumsi permen karet tanpa gula dapat membantu melembabkan mulut Anda sehingga akhirnya bisa menghilangkan bau mulut.

Menghilangkan Bau Mulut untuk Jangka Pendek

Selain mengubah kebiasaan terkait kesehatan mulut, Anda juga bisa melakukan beberapa cara untuk menghilangkan bau mulut untuk jangka pendek. Cara ini akan membantu Anda untuk sementara waktu sehingga Anda dapat beraktivitas dengan lebih percaya diri.

Anda bisa mengikuti beberapa tips ini untuk menghilangkan bau mulut dalam jangka pendek:

  • Kumur dengan cuka sari apel

Meskipun rasanya tajam, cuka sari apel sangat efektif membantu menghilangkan bau mulut.  Cukup tambahkan satu sendok cuka sari apel ke dalam gelas air Anda dan kumur menggunakan larutan tersebut setelah makan.

  • Konsumsi kayu manis

Aroma kayu manis yang kuat ternyata juga dapat membunuh bakteri penyebab bau tak sedap. Masukkan kayu manis ke dalam secangkir teh agar bisa membantu menghilangkan bau mulut yang Anda alami.

  • Konsumsi teh

Berbicara soal teh, minuman ini pun bisa membantu Anda menghilangkan bau mulut. Itu karena teh mengandung senyawa polipenol yang bisa membunuh bakteri penyebab bau mulut.  Bukan itu saja, polipenol pun dapat mencegah bakteri kembali tumbuh di dalam mulut.

  • Konsumsi strawberry

Selain rasanya lezat, buah strawberry ternyata juga dapat mencegah mulut kering yang bisa membantu menghilangkan bau mulut. Lebih lanjut, kandungan vitamin C dalam strawberry juga mampu mencegah bakteri dan kuman penyebab bau tak sedap tumbuh dalam mulut.

Demikianlah cara-cara yang bisa Anda lakukan. Semoga berhasil!

[sumber gambar: eastmelbournedentist.com.auhealthcare-online.org]

Facebook Comments

5 Comments

  • Leo Kanell

    January 16, 2016 at 7:13 pm

    622083 455541Thank you for another informative website. Where else may I am getting that kind of info written in such a perfect method? 7589

  • clash of clans gems hack

    January 16, 2016 at 11:38 pm

    472766 591708This really is a very good weblog. Maintain up all of the function. I too really like to weblog. This really is wonderful every person sharing opinions 948708

  • economics tuition

    January 24, 2016 at 9:21 pm

    698642 332769Your blog is showing much more interest and enthusiasm. Thank you so a lot. 899764

  • dknight speaker

    January 25, 2016 at 3:07 am

    655121 445353As being a Newbie, Were permanently exploring online for articles which can be of help to me. Many thanks 143584

  • write-my-essay.net

    January 25, 2016 at 7:18 pm

    915027 971418Woh I like your content , saved to favorites ! . 999055

Post a Comment