Solusi Bercinta Penderita Kanker Payudara

Sumber : cancertyppes.info

Bukan hal mudah untuk penderita kanker payudara menjalani serangkaian pengobatan dalam melawan sel-sel kanker yang menjangkit di area payudara. Terlebih menghadapi beragam efek samping yang harus dihadapi bahkan berpotensi mempegaruhi kehidupan seksual. Kendati demikian, pengobatan harus tetap dijalankan. Segala kendala, bukan alasan untuk menyerah untuk melawan ganasnya kanker.

Pengobatan kanker payudara dapat memiliki efek fisik yang dapat mempengaruhi keintiman berhubungan seksual. Berikut ini beberapa efek pengobatan yang mempengaruhi gairah seksual para pasien serta solusi yang dapat dipraktekkan.

Efek pengobatan

Terasa seperti menopause

Serangkaian pengobatan kanker payudara dapat membuat Anda merasakan gejala-gejala yang dirasakan orang-orang di masa menjelang menopause (perimenopause). Perempuan muda yang sedang menjalani perawatan pengobatan kanker payudara dapat memiliki gejala menopause yang lebih intens daripada yang mengalami menopause secara alami. Efeknya mengalami gejala menopause pada usia yang lebih muda dapat membuat seseorang merasa lebih tua dari usianya dan dapat berefek negatif pada bagaimana perasaan mereka secara seksual.

Apa sajakah gejalanya? Di masa perimenopause, tubuh kerap mengalami sensasi rasa panas di dalam tubuh (hot flushes), berkeringat di malam hari dan keringnya vagina. Demikian pula yang akan dirasakan pasien breast cancer pasca menjalani perawatan pengobatan. Hal-hal tersebut, kerap menjadi kendala dalam bercinta, bahkan berpotensi mengurangi gairah seksual pada diri seseorang.

Namun, Anda tak boleh kalah dan hubungan dengan pasangan dapat tetap dijaga. Pasangan yang benar-benar mencintai Anda, akan turut berbahagia bila tahu Anda semangat berjuang dan pantang menyerah.

Ketika sedang mengalami hot flushes, tubuh Anda akan merasakan sensasi panas yang berawal dari dada dan kerap menyebabkan tubuh memproduksi keringat lebih banyak khususnya saat malam hari. Jangan heran bila Anda merasa kepayahan dan kelelahan karena banyak cairan tubuh yang keluar. Efeknya pada kehidupan seksual? Gairah bercinta malam itu akan merosot!

Solusi: gunakan baju tidur yang nyaman dan menyerang keringat, aktifkan pendingin ruangan seperti air conditioner atau kipas angin, jangan lupa untuk segera mengonsumsi banyak cairan. Air dingin dalam kasus ini dapat lebih membantu, karena lebih cepat diproses tubuh dan dapat memberi efek menyegarkan.

Vagina Kering dan Iritasi

Beberapa pengobatan mempengaruhi tingkat hormon estrogen dalam tubuh Anda. Mengurangi kadar estrogen atau menghalangi aksinya dapat menyebabkan gejala menopause termasuk perubahan vagina, seperti kekeringan atau iritasi.

Sejumlah terapi hormon bekerja dengan cara yang berbeda untuk memblokir efek dari estrogen pada sel kanker, dan kemoterapi dapat menghentikan ovarium memproduksi estrogen, juga menyebabkan gejala menopause.

Kekeringan vagina sering terjadi pada wanita yang telah memiliki pengobatan untuk kanker payudara dan dapat menyusahkan. Vagina kering atau iritasi pada vagina menyebabkan penetrasi terasa menyakitkan. Rasa sakit atau ketidaknyamanan tersebut dapat mengurangi hasrat seksualitas.

Tim perawatan Anda mungkin tidak menyebutkan kekeringan vagina, tetapi jika Anda mengalami masalah itu layak mendiskusikan hal ini dengan perawat perawatan payudara Anda. Kekeringan vagina dan iritasi juga bisa disebabkan oleh infeksi, yang mungkin perlu diobati oleh dokter.

Tapi jangan berkecil hati Anda dapat menggunakan pelembab vagina dan pelumas untuk membantu kehidupan seks Anda. Anda dapat meminta dokter Anda untuk meresepkannya, dibeli di apotik atau dipesan secara online. Anda mungkin perlu mencoba beberapa merek yang berbeda sebelum Anda menemukan satu yang cocok untuk anda.

solusi bercinta bagi penderita kanker payudara

Pelembab Vagina

Pelembab vagina dapat membantu meringankan kekeringan dan ketidaknyamanan terlepas dari aktivitas seksual. Anda dapat menggunakannya setiap beberapa hari tetapi harus digunakan secara teratur dari waktu ke waktu untuk efek terbaik.

Pelumas Vagina

Efek melembapkan vagina yang dihasilkan pelumas vagina (vaginal lubricant) cenderung lebih cepat dibanding pelembab vagina. Ada dua pilihan, lubrikan berbahan dasar air atau minyak.

Pelumas atau lubrikan vagina ini tak hanya dapat difungsikan sebagai pencegahan gesekan dan rasa nyeri saat berhubungan seks, tapi juga dapat digunakan pada waktu lain untuk sekedar meringankan efek ketidaknyamanan akibat rasa kering vagina.

Latihan Dasar Panggul (Senam Kegel)

Mempraktekkan latihan dasar panggul (senam kegel) dapat membantu untuk meningkatkan aliran darah ke daerah vagina dan membantu Anda belajar untuk merileksasi otot-otot selama seks guna meminimalisir rasa sakit. Mengetahui cara merileksasi otot-otot ini juga dapat membantu mengurangi rasa sakit saat pemeriksaan panggul jika dibutuhkan.

Manfaat lain bila rutin melakukan senam kegel adalah Anda akan lebih mudah mengalami rangsangan seksual, bahkan dapat mencapai orgasme hanya dengan menerima rangsangan pada titik yang tepat. Sedangkan pada pria akan dapat mencapai orgasme yang dahsyat karena pengaruh otot panggul yang kuat.

Sumber: breastcancercare.org.uk

 

Facebook Comments