Olahraga untuk Ibu Hamil dan Manfaatnya

Olahraga untuk Ibu Hamil dan Manfaatnya
sumber gambar: http://asianetindia.com/complications-occur-pregnancy/

Ketika memasuki masa kehamilan, penting bagi Ibu hamil untuk senantiasa menjaga kesehatannya. Ini dapat dilakukan dengan memilih makanan bernutrisi dengan cermat serta berolahraga ringan secara teratur. Mengapa olahraga penting bagi ibu hamil?

Pentingnya Olahraga untuk Ibu Hamil

Jangan remehkan manfaat olahraga untuk ibu hamil. Aktivitas fisik ini ternyata memiliki dampak yang sangat baik bagi kesehatan ibu hamil, juga calon sang buah hati.

Bagi seorang ibu yang tengah mengandung, olahraga dapat menyeimbangkan kesehatan fisik dan mental secara berkala selama kehamilan. Untuk sang anak, olahraga baik bagi tumbuh kembang organ-organ penting penyusun tubuhnya.

Olahraga untuk Ibu Hamil Banyak Manfaatnya!

Ketika memasuki beberapa minggu pertama di masa kehamilan, tubuh wanita segera mengalami banyak perubahan. Hal ini akan membuat wanita cepat merasa lelah dan mudah mengalami sakit di bagian pinggang. Untuk mengantisipasi perubahan tersebut, American Pregnancy Association merekomendasikan olahraga untuk ibu hamil agar rasa lelah dan sakit pinggang dapat menjadi reda.

Selain meredakan rasa lelah dan sakit pinggang, olahraga untuk ibu hamil juga bermanfaat mengendalikan berat badan. Tentu kita tahu bahwa berat badan seorang wanita akan bertambah seiring dengan usia kehamilannya, meski sedikit dari mereka yang sadar apakah pertambahannya ini berada dalam kategori normal atau berlebihan.

Kecenderungan yang sering terjadi ialah banyak ibu hamil mengalami kelebihan berat badan. Oleh sebab itu, untuk mengendalikannya ibu hamil disarankan menjadwalkan olahraga secara rutin.

Kemudian, olahraga untuk ibu hamil juga bermanfaat terhadap kualitas tidur yang dirasakan sang ibu. Benarkah?

Ya! Saat hamil, hampir semua wanita merasa sulit menemukan posisi yang tepat untuk tidur pulas. Hal ini menimbulkan ketidaknyamanan sebelum tidur, bahkan juga di saat mereka tengah tertidur. Banyak ibu hamil mengeluhkan porsi tidur yang berkurang diiringi kualitasnya yang menurun akibat ketidaknyamanan tersebut.

Namun kabar baiknya adalah ketidaknyamanan dan gangguan tidur jarang terjadi pada wanita yang selama kehamilannya kerap melakukan aktivitas fisik berkelanjutan. Secara tidak langsung, olahraga membuat ibu hamil mudah mencari posisi tidur yang nyaman, sekaligus terlelap dengan nyenyak.

Di sisi lain, olahraga untuk ibu hamil juga bermanfaat dalam mengurangi stres. Perubahan hormon dalam tubuh ibu hamil dapat memicu stres, baik dalam skala normal hingga skala mendekati depresi. Bila tidak diwaspadai, hal ini dapat memperburuk kondisi mental sang ibu. Inilah mengapa  ibu hamil disarankan untuk berolahraga, yaitu agar memicu hormon serotonin yang dapat menyeimbangkan kesehatan mental dan membuat hidup menjadi lebih positif.

Rekomendasi Jenis Olahraga untuk Ibu Hamil

Mengetahui betapa penting dan bermanfaatnya olahraga untuk ibu hamil tidaklah cukup. Kita juga harus mengetahui olahraga seperti apa yang baik dan tepat semasa kehamilan. Menurut Erika Lenkert, penulis buku The Real Deal: Guide to Pregnancy, ada beberapa olahraga yang aman dan cocok untuk dilakukan ibu hamil, seperti:

Berjalan Kaki. Ini merupakan olahraga paling praktis dan mudah yang bisa dilakukan wanita semasa hamil. Olahraga ini dapat membuat sirkulasi darah menjadi lancar dan kram kaki pun berkurang.

Berenang. Olahraga renang sangat dianjurkan bagi ibu hamil, khususnya bagi yang akan segera melahirkan. Berenang dapat melatih otot-otot besar dalam tubuh agar siap menjalani proses melahirkan. Olahraga ini juga ternyata efektif untuk mengendalikan berat badan dan mengatasi mereka yang terlanjur overweight.

Yoga. Untuk para ibu hamil yang ingin berolahraga dengan lebih santai, yoga merupakan pilihan tepat. Dengan bantuan ahli, yoga akan melatih pernafasan ibu hamil agar lebih teratur. Teknik ini akan mendorong ibu hamil untuk lebih siap menghadapi persalinan. Tidak hanya itu, mereka pun dapat menjalani hari-hari dengan rileks bila rajin mengikuti kelas yoga.

Frekuensi dan Intensitas Olahraga yang Baik untuk Ibu Hamil

Pada dasarnya, tidak ada standar yang benar-benar baku terhadap hal ini. Kendati demikian, Australian Physical Activity Guideline membatasi olahraga untuk ibu hamil dengan rentang frekuensi 150 menit untuk olahraga yang santai, dan 75 menit untuk olahraga yang penuh semangat dan banyak gerakan fisik.

Hal yang Perlu Diperhatikan Ibu Hamil Saat Berolahraga

Selain mengetahui batas maksimal olahraga untuk ibu hamil, kita juga harus memperhatikan kondisi tubuh saat melakukan aktivitas fisik ini. Sebab, ada beberapa gejala serius yang bila tidak diperhatikan dapat membahayakan sang ibu dan kandungannya. Bila ibu hamil mengalami rasa sakit di bagian perut, pembengkakan betis, nyeri di bagian dada, penglihatan yang kabur, nafas pendek dan pendarahan di organ reproduksi saat berolahraga, maka sangat dianjurkan untuk segera berhenti dan konsultasi ke dokter.

Facebook Comments

4 Comments

  • Pembicara Internet Marketing

    January 3, 2016 at 1:54 am

    Inspiring quest there. What happened after? Good luck!|

  • buy backlinks

    January 17, 2016 at 7:27 pm

    929021 575970I will tell your pals to pay a visit to this web site. .Thanks for the post. 983826

  • best osrs runescape cheats tribot

    January 20, 2016 at 7:46 pm

    339930 537279Following study a handful of the content in your internet website now, and that i genuinely such as your method of blogging. I bookmarked it to my bookmark web website list and are checking back soon. Pls look into my website as nicely and tell me what you believe. 564132

  • 658081 345171Ill proper away grasp your rss feed as I cant in locating your e-mail subscription hyperlink or e-newsletter service. Do youve any? Please let me realize so that I may possibly subscribe. Thanks. 205863

Post a Comment