Mengurangi Mata Minus Dengan Metode Bates

http://www.howtoimproveeyesight.com/wp-content/uploads/2015/12/the-bates-method-eye-exercises.jpg
sumber : howtoimproveeysight.com

Apabila kita mulai merasa sulit untuk membaca atau melihat jelas dalam jarak pandang jauh, ada kemungkinan mata mengalami rabun jauh mata minus. Minus mata sangat terbantu dengan menggunakan kacamata atau dapat dihilangkan dengan lasik, yaitu melalui proses pembedahan mata. Namun ada salah satu metode terapi untuk mata minus yaitu dengan metode Bates.

Metode terapi mata Bates dipelopori oleh dokter mata dari Amerika William Horatio Bates. Metode terapi ini tertera dalam buku yang ditulis oleh dokter Bates sendiri dengan judul Better Eyesight Without Glasses yang diluncurkan pada tahun 1920. Di dalam buku tersebut, Bates mengatakan bahwa mata minus dapat disembuhkan tanpa harus operasi atau memakai bantuan kacamata. Walaupun disisi lain banyak orang yang tidak sependapat dengan pernyataannya, namun Bates dapat membuktikan kebenaran ucapannya. Tentu saja teknik ini tidaklah mudah ditemukan. Ia melakukan eksperimen selama bertahun-tahun.

Hingga sekarang, metode terapi Bates masih tetap digunakan oleh beberapa orang di seluruh dunia. Dalam metode ini, Bates mencoba mengembangkan latihan kemampuan mata dan melenturkan mata yang tegang akibat kebiasaan melihat yang buruk dan menjadikan mata normal kembali. Tidak hanya itu saja, latihan mata ini juga bisa membuat seseorang sedikit demi sedikit menanggalkan kacamatanya dan dapat melihat normal tanpa alat bantu apapun.

Menurut seeing.org, ada beberapa tahapan metode Bates sesuai dengan bukunya, yaitu :

1. Menyembunyikan

Menyembunyikan mata yang dimaksud adalah memejamkan mata sementara atau menutup mata sampai tidak ada cahaya yang masuk sama sekali guna membuat mata menjadi rileks. Menyembunyikan mata dapat dilakukan dengan cara menutup mata memakai kedua tangan sampai tidak ada cahaya yang masuk ke mata. Tutup selama 10 menit, bernafaslah secara perlahan dan lakukan hal ini sebanyak dua sampai tiga kali sehari.

2. Berjemur

Sinar matahari sangat baik untuk kesehatan mata, terutama sinar matahari pagi. Bates yakin apabila penderita mata minus. Bates mengatakan bahwa seseorang yang berjemur dan memposisikan mata ke arah cahaya matahari dapat mengurangi minus di matanya. Cara yang dilakukan adalah tutup mata dan menghadap ke arah cahaya tanpa membuka mata. Kemudian gerakkan kepala ke kiri dan ke kanan sampai menyentuh pundak. Lakukan gerakan tersebut selama 3-5 menit satu kali sehari.

3. Menggerakkan mata

Mata yang terlalu fokus ke satu tujuan bisa menyebabkan mata lelah dan kemungkinan minus bertambah. Maka disela-sela fokus, mata perlu digerakkan ke arah lain. Contohnya, ketika mata sudah sangat fokus ke layar komputer, ada baiknya untuk mengalihkan pandangan ke sekitar benda-benda atau hal-hal sekitar.

 

4. Visualisasi warna

Bates menerapkan mental visualisasi sebagai cara terbaik untuk terapi. Visualisasi yang dilakukan adalah memfokuskan mata pada warna daripada bentuk. Fokus penglihatan yang diajarkan yaitu melihat satu warna pada satu bentuk, sehingga dapat lebih mengenal warna daripada bentuk.

5. Menggoyangkan mata ke kanan dan kiri

Goyangkan mata ke kiri dan ke kanan selama 100 kali diselingi dengan mengedip agar mata tidak tegang dan mengurangi rabun jauh.

Facebook Comments