Mengatasi perut kembung pada bayi Anda

Mengatasi perut kembung pada bayi Anda
sumber gambar: http://health-blogtips.blogspot.co.id/2013/03/how-to-overcome-stomach-bloating-in-baby.html

Perlu Anda ketahui bahwa semua bayi menyimpan gas dalam tubuhnya. Ada yang menyimpan sedikit, ada yang lebih banyak. Walaupun hal ini adalah sesuatu yang wajar, penyimpanan gas di bayi dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada bayi, seperti perut kembung, perut membesar dan keras, cegukan, sendawa, sampai kelelahan pada bayi.

Penyebab perut kembung pada bayi

Gas diproduksi di sistem pencernaan bayi pada saat sang bayi minum ASI atau susu formula pertamanya. Gas tersebut adalah hasil pembuangan pada saat bayi mencerna laktosa, protein, dan nutrisi lainnya. Anda perlu terlebih dahulu mengetahui penyebabnya untuk dapat mengatasi bayi kembung pada bayi.

  1. Cara memberi makan yang salah sehingga sang bayi menelan terlalu banyak udara
  2. Memberi makan berlebihan sehingga sang bayi mencerna terlalu banyak nutrisi.
  3. Sistem pencernaan yang belum sempurna sehingga sang bayi harus belajar memproses makanan, gas, dan tinja secara efektif.
  4. Sensitivitas terhadap makanan tertentu seperti laktosa, protein, dll
  5. Terlalu banyak Laktosa yang diserap. Bila sang Ibu memproduksi banyak ASI, sebaiknya jangan diberikan foremilk, tetapi dari ASI dari hindmilk.
  6. Terlalu banyak menangis yang menyebabkan sang bayi menelan terlalu banyak udara ke dalam sistem pencernaannya.
Mengatasi perut kembung pada bayi

Ada beberapa cara untuk mengatasi perut kembung pada bayi. Perlu diketahui bayi perut kembung adalah hal yang normal, namun bila bayi sudah merasa tidak nyaman dan berkelanjutan, Anda lebih baik langsung mencari dokter anak.

Mengatasi perut kembung pada bayi dengan cara memberi makan yang benar

Dengan Anda memperbaiki cara memberi makan pada sang buah hati Anda, Anda dapat secara signifikan mengatasi perut kembung pada bayi Anda.

  1. Beri makan bayi Anda dengan posisi yang agak miring. Jika Anda memberi ASI secara langsung, pastikan kepada dan leher bayi Anda terangkat diatas perutnya. Bila anda memberinya dalam botol, carilah botol yang ada lengkungan nya sehingga bisa menghindari bayi Anda menelan terlalu banyak udara
  2. Bersendawa selagi dan sesudah makan/minum. Carilah dokter atau orang yang ahli untuk berkonsultasi.
  3. Carilah botol susu yang baik untuk bayi Anda. Botol yang baik memilik ujung yang lebut dan dapat menyesuaikan dengan kontur mulut dan bibir bayi Anda, sehingga menghindari udara masuk ke dalam perut sang bayi.
Mengatasi perut kembung pada bayi dengan gerakan

Cara kedua Anda dapat mengatasi perut kembung pada bayi adalah dengan memberikannya sedikit olah raga atau sentuhan, sehingga sang bayi dapat mengeluarkan gas dalam tubuhnya

  1. Football Hold: Cara yang lazim diberikan kepada sang bayi. Untuk video peragaannya, silahkan lihat disini.
  2. Pijat perut sang bayi: Pijatlah perut sang bayi pada saat bayi Anda telentang. Beberapa orang menggunakan pijatan. “I Love You”. Untuk detail tata caranya, anda bisa lihat disini
  3. Gerakkan kaki bayi Anda seperti ketika bersepeda. Gerakan berputar ini dapat membantu sang bayi mengeluarkan gas yang terperangkap di tubuh.
  4. Gendong bayi Anda. Dengan Anda mengendong dan bergerak saat menggendong sang bayi, Anda dapat membantu mengatasi perut kembung pada bayi Anda.
  5. Dot (Pacifier). Ketika bayi Anda menangis, berikan dot-dotan agak bayi Anda tidak menangis berlebihan. Berhati-hatilah bila memberikan dot-dotan kepada bayi Anda. Jangan dipakai secara berlebihan.
Mengatasi perut kembung pada bayi dengan obat

Ada beberapa perusahaan obat yang menawarkan obat untuk mengatasi perut kembung pada bayi. Namun sebelum Anda memberikannya pada bayi Anda, penting diketahui bahwa Anda lebih baik berkonsultasi kepada dokter anak Anda. Semoga artikel ini dapat membantu untuk mengatasi perut kembung pada bayi Anda.

Facebook Comments

4 Comments

  • useful link

    January 19, 2016 at 1:24 am

    499893 547857Nie and informative post, your every post worth atleast something. 704774

  • life insurance lawyer attorney

    January 21, 2016 at 1:12 pm

    627516 975092Really fascinating topic , thanks for putting up. 630123

  • http://bit.ly/1K2Da53

    January 23, 2016 at 3:06 pm

    404843 541370You ought to participate in a contest for probably the greatest blogs on the internet. I will recommend this internet internet site! 747877

  • link alternatif sbobet

    August 23, 2016 at 1:44 am

    *I like this blog so much, saved to my bookmarks .

Post a Comment