Mengatasi Keputihan Pada Wanita

Mengatasi Keputihan Pada Wanita
Sumber: http://pauleannareid.com/blog/in-the-news-8-ways-to-help-you-feel-on-top-of-the-world/attachment/happy-woman

Mengatasi keputihan dengan cara yang tepat sangat penting untuk diketahui oleh setiap wanita. Keputihan, atau yang dalam istilah kedokteran disebut fluor albus, merupakan suatu kondisi yang sangat lumrah dialami oleh wanita. Keputihan merupakan suatu kondisi keluarnya kumpulan cairan yang terdiri dari sel-sel dari kemaluan wanita, yang sesungguhnya berfungsi untuk membersihkan dan melindungi daerah kewanitaan. Namun, perlu diketahui bahwa terdapat dua jenis keputihan, yaitu keputihan fisiologis dan keputihan patologis.

Keputihan fisiologis tidak memerlukan pengobatan, serta dapat terjadi dari bayi sampai dengan usia 10 tahun, serta pada remaja yang menjelang masa haid akibat dari pengaruh hormon estrogen. Keputihan fisiologis dapat terjadi juga pada wanita subur yang sedang terangsang secara seksual sehingga mengeluarkan lendir dari kelenjar leher rahim untuk membantu sperma masuk ke rahim. Pada keadaan normal, lender yang keluar dari vagina banyak mengandung sel epitel dan sedikit lekosit.

Sementara itu, keputihan patologis banyak mengandung lekosit dan biasanya disebabkan oleh infeksi. Jenis kuman yang sering menyebabkan keputihan patologis adalah Hemoflus Vaginalis, Trikomonas Vaginalis, dan Kndida Albikan. Infeksi penyebab keputihan dapat terjadi karena beberapa keadaan seperti celana yang terlalu ketat, pakaian dalam yang terbuat dari bahan yang tidak dapat menyerap keringat yang membuat lembabnya daerah sekitar kemaluan. Penyebab lainnya adalah melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang sudah terinfeksi atau karena adanya benda asing sepert alat kontrasepsi dalam rahim.

Untuk mengatasi keputihan, perlu dilakukan langkah-langkah berikut ini, yaitu:

Mengatasi keputihan dengan menjaga kelembapan daerah kewanitaan

Menurut dr. Adhi Bhakti Ginanjar, SpOG Spesialis Kebidanan & Kandungan, menjaga kelembapan daerah kewanitaan merupakan cara penting untuk mengatasi keputihan. Untuk menjaga kelembapan, maka seorang wanita sebaiknya tidak terlalu sering menggunakan celana yang terlalu ketat maupun celana dalam dari bahan yang tidak menyerap keringat. Hal lainnya adalah jangan menggunakan douching (obat semprot air) saat membersihkan daerah kewanitaan karena bisa mengganggu keseimbangan ph pada wanita.

Mengatasi keputihan dengan cara tradisional

Nenek moyang kita sering menggunakan daun sirih untuk mengatasi keputihan. Daun sirih memiliki kandungan minyak terbang (batlephenol) dan kavinol yang berguna untuk mematikan kuman, serta memiliki kandungan antioksidan dan anti jamur. Adapun caranya yaitu dengan mencuci 10 lembar daun sirih dan merebusnya ke dalam kurang lebih 2 liter air. Setelah direbus, maka dinginkan air rebusan dan basukan ke organ kewanitaan Anda.

Mengatasi keputihan dengan menghindari stress, melakukan olahraga teratur dan pola makan seimbang

Ternyata keputihan dapat juga disebabkan oleh stress serta gaya hidup yang tidak sehat. Untuk itu, mengatasi keputihan dapat dilakukan dengan melakukan olahraga teratur. Selain itu, sangat penting untuk selalu mengkonsumsi makanan sehat dan memiliki pola makan seimbang. Menjaga level stress juga suatu hal yang sangat penting untuk mengatasi keputihan. Demikian tips-tips untuk mengatasi keputihan.

Jika saat ini Anda mengalami keputihan dan Anda tidak yakin apakah kondisi tersebut berbahaya atau tidak, sangat penting untuk segera memeriksakan kondisi Anda ke dokter. Mengatasi keputihan sejak dini merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh setiap wanita.

Facebook Comments

4 Comments

  • buy backlinks

    January 17, 2016 at 1:51 pm

    168879 928019Some genuinely prime posts on this site , bookmarked . 320660

  • webinar jeo review

    January 17, 2016 at 8:54 pm

    517757 295061Thank you for sharing with us, I conceive this web site genuinely stands out : D. 863003

  • https://tribot.org/ best old-school bots

    January 20, 2016 at 10:21 pm

    304845 97859A lot of thanks for this certain information I was basically browsing all Search engines to discover it! 831882

  • life insurance lawyer attorney

    January 22, 2016 at 3:00 am

    604520 730174hi this post support me full . .in case you want watches males check out my internet sites is quite support you for males watches. .thank man very good job. 1584