Mengatasi Bibir Kering Secara Alami

Mengatasi Bibir Kering Secara Alami

Mengatasi bibir kering sebenarnya tidak terlalu sulit dan tidak membutuhkan perawatan mahal. Bahkan, Anda bisa mengatasi bibir kering dengan bahan-bahan yang ada di dalam rumah.

Bibir kering sendiri adalah kondisi di mana bibir Anda terasa kering dan pecah-pecah. Berbeda dengan bagian lain pada kulit Anda, bibir tidak mengandung kelenjar minyak sehingga lebih rentan untuk kering dan pecah-pecah.

Penyebab bibir kering bisa bermacam-macam, diantaranya adalah kurangnya kelembaban udara, kebiasaan menjilat bibir, kurang konsumsi air putih hingga konsumsi obat-obatan tertentu. Seseorang yang memiliki jenis kulit kering biasanya lebih rentan terkena kondisi bibir kering. Begitu juga jika Anda mengalami dehidrasi dan malnutrisi.

Jika bibir kering yang Anda alami berhubungan dengan kondisi dehidrasi atau malnutrisi, sebaiknya Anda segera menghubungi dokter kulit untuk penangangan lebih lanjut. Pasalnya, bisa jadi Anda mengalami cheilitis, atau kondisi bibir kering parah yang mengakibatkan infeksi karena adanya bakteri yang masuk ke celah bibir.

Namun, jika kondisi yang Anda alami masih tergolong normal, Anda bisa mengatasi bibir kering dengan cara relatif mudah dan tidak membutuhkan banyak biaya.

Cara Mengatasi Bibir Kering untuk Jangka Pendek

Kondisi bibir kering bisa menyerang siapa saja. Cara mengatasi bibir kering pun terbilang mudah karena Anda cukup menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah. Simak penjelasan lengkap mengenai cara mengatasi bibir kering di bawah ini.

  1. Mengoleskan mentega, mengoleskan mentega pada bibir bisa mengatasi bibir kering secara efektif. Pasalnya, pada mentega terdapat kandungan asam lemak baik yang bisa membantu memulihkan kondisi kulit kering.
  2. Irisan tomat, penggunaan buah tomat dapat mengatasi bibir kering yang Anda alami lebih cepat. Itu karena kandungan vitamin C dalam tomat akan membantu membuang kulit mati pada bibir Anda. Cukup aplikasikan irisan tomat pada bibir yang kering dan/atau pecah-pecah dan tunggu hingga bibir Anda pulih.
  3. Mengoleskan madu, madu juga merupakan pelembab alami yang efektif untuk mengatasi bibir kering. Apalagi madu mengandung zat anti bakteri yang sangat baik untuk bibir. Oleskan madu pada bibir Anda hingga beberapa kali dalam sehari hingga bibir kering Anda pulih.
  4. Irisan timun, selain udara dingin, pancaran sinar matahari yang berlebihan juga bisa mengakibatkan bibir Anda kering. Timun bisa digunakan untuk mengatasi bibir kering karena memiliki banyak kandungan pelembab dan antioksidan yang dapat membantu melindungi bibir Anda dari bahaya sinar UV. Bukan hanya itu, kandungan asam dalam mentimun juga berkhasiat untuk meningkatkan produksi kolagen yang membantu bibir Anda terhidrasi sekaligus terlihat sehat.
  5. Mengoleskan aloe vera, aloe vera juga dikenal sebagai bahan alami yang efektif untuk mengatasi bibir kering karena kaya akan kandungan vitamin E yang membantu melembabkan bibir. Tidak perlu bingung kalau Anda kesulitan mencari aloe vera untuk dioleskan pada bibir. Anda bisa mengoleskan pelembab bibir (lip balm) yang terbuat dari ekstrak aloe vera yang banyak dijual di pasaran.
Mengatasi Bibir Kering untuk Jangka Panjang

Bukan hanya mengobati bibir kering dalam jangka pendek, sebaiknya Anda juga mengubah kebiasaan buruk sekaligus menerapkan kebiasaan baik untuk mengatasi bibir kering secara permanen. Simak beberapa cara mengatasi bibir kering Anda untuk jangka panjang berikut.

  1. Penuhi kebutuhan nutrisi, cara efektif mengatasi bibir kering untuk jangka panjang adalah memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh, terutama vitamin B, zat besi serta asam lemak. Pasalnya, kekurangan nutrisi merupakan salah satu pemicu bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi-nutrisi tersebut untuk mencegah bibir kering.
  2. Banyak konsumsi air putih, inilah cara mengatasi bibir yang paling umum diketahui masyarakat awam. Kekurangan cairan memang merupakan salah satu penyebab bibir menjadi kering. Memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan teratur minum air putih dapat mengatasi bibir kering dengan efektif. Jika Anda termasuk mudah berkeringat, atau cuaca sedang panas, Anda bisa menambah jumlah asupan air putih untuk menjaga bibir terhidrasi.
  3. Hindari atau kurangi kebiasaan menjilati bibir, banyak orang keliru mengira menjilati bibir adalah cara untuk mengatasi bibir kering. Padahal, sering menjilati bibir dapat membuat bibir Anda lebih kering dari sebelumnya karena air liur atau saliva mudah menguap.  Selain itu, kandungan asam pada air liur juga dapat membuat kulit bibir iritasi.
  4. Bernafas lewat hidung, bernafas lewat hidung adalah cara lain untuk mengatasi bibir kering. Pasalnya, bernafas lewat mulut bisa membuat bibir lebih cepat kering. Bukan itu saja, bernafas lewat mulut juga bisa membuat bibir Anda pecah-pecah. Jadi, usahakan untuk selalu bernafas lewat hidung.
  5. Pilih lipstik dengan kualitas baik, sebagian wanita memiliki bibir yang lebih sensitif sehingga pemakaian lipstik yang tidak cocok bisa mengakibatkan bibir kering dan mudah pecah-pecah. Untuk mengatasi bibir kering secara permanen, sebaiknya pilih produk lipstik yang memiliki izin terdaftar dan cocok untuk Anda. Hentikan penggunaan lipstik jika lipstik tersebut membuat bibir Anda terasa panas dan perih.

Itulah cara-cara efektif yang bisa Anda coba. Jika kondisi bibir kering tidak kunjung sembuh, ada baiknya Anda mengunjungi dokter kulit untuk mengetahui apakah ada kondisi serius yang membutuhkan penanganan intensif.

[sumber gambar: makeupandbeautyhome.com]

Facebook Comments

4 Comments

  • Domain Reseller

    January 19, 2016 at 2:32 pm

    239244 319822hey I was really impressed with the setup you used with this weblog. I use blogs my self so excellent job. definatly adding to bookmarks. 775231

  • "legal steroids"

    January 21, 2016 at 6:32 pm

    349280 935182Hello! Wonderful post! Please when I could see a follow up! 30881

  • economics tuition

    January 25, 2016 at 2:01 am

    488898 242652Hey, you used to write wonderful, but the last few posts have been kinda boringK I miss your great writings. Past few posts are just a bit out of track! come on! 242534

  • economics tuition

    January 25, 2016 at 2:52 am

    925784 681315Hey! Do you use Twitter? Id like to follow you if that would be ok. Im definitely enjoying your blog and look forward to new updates. 183906

Post a Comment