Menenangkan Pikiran dan Hati

Menenangkan Pikiran dan Hati

Memiliki pikiran dan hati yang jernih dan tenang sama pentingnya dengan memiliki tubuh yang sehat. Sudahkah Anda mengetahui cara menenangkan pikiran dan hati agar dapat menjalani hidup berkualitas?

Hidup manusia tidak hanya diisi oleh kebahagiaan dan kegembiraan. Suatu waktu kita akan menghadapi masalah atau kesulitan di lingkungan pekerjaan, rumah atau lingkungan pergaulan. Masalah atau kesulitan tentu akan mempengaruhi pikiran dan suasana hati Anda.

Pikiran dan suasana hati yang buruk bukan sesuatu yang bisa disepelekan. Pasalnya, semakin banyak penelitian yang mengungkap hubungan antara pikiran dan suasana hati dengan kesehatan tubuh. Emosi negatif ternyata dapat menekan sistem kekebalan tubuh, sementara emosi positif yang Anda rasakan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bukan berarti Anda tidak diperbolehkan merasakan emosi negatif seperti kesal, sedih, marah dan sebagainya. Namun, penting bagi Anda untuk mengetahui cara menenangkan pikiran dan hati agar emosi-emosi negatif tersebut dapat segera diatasi.

Cara menenangkan pikiran dan hati ternyata dapat dilakukan dengan berbagai cara. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Cara Menenangkan Pikiran dan Hati dengan Alami

Tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk mengatasi pikiran atau suasana hati yang sedang ruwet. Ada banyak cara menenangkan pikiran dan hati yang dapat dilakukan oleh siapa saja dengan mudah.

  1. Tertawa. Tertawa terbahak-bahak bisa jadi adalah salah satu cara menenangkan pikiran dan hati yang paling menyenangkan dan mudah. Para ilmuwan menjelaskan, tertawa bisa membantu otot-otot yang tegang untuk kembali rileks. Selain itu, tertawa juga mampu mengurangi produksi hormon yang menyebabkan stress, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan penyerapan oksigen dalam darah. Bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan pikiran dan hati Anda, tertawa juga berguna untuk kesehatan tubuh. Itu karena tertawa dapat menggerakkan sekitar 400 otot tubuh sehingga membantu pembakaran kalori.
  2. Mendengarkan musik. Cara menenangkan pikiran dan hati yang sama menyenangkannya dengan tertawa adalah mendengarkan musik. Menurut penelitian, musik bertempo cepat dapat membuat Anda lebih merasa optimistis, sementara musik dengan tempo lebih lambat dapat menenangkan pikiran dan hati. Namun, Anda dapat mendengarkan musik apapun yang merupakan kesukaan Anda untuk membantu menenangkan saraf dan pikiran.
  3. Olahraga ringan. Seperti halnya tertawa dan mendengarkan musik, olahraga ringan adalah salah satu cara menenangkan pikiran dan hati yang sudah cukup diketahui masyarakat luas. Ketika berolahraga, detak jantung Anda akan meningkat sehingga dapat membantu membalikkan efek negatif stress terhadap otak. Selain itu, olahraga juga meningkatkan produksi hormon-hormon yang berhubungan dengan fungsi kognitif sekaligus memperbaiki mood atau suasana hati Anda.
  4. Yoga. Yoga dapat membantu Anda lebih santai karena gerakan-gerakan yoga dikombinasikan dengan latihan pernapasan. Yoga diketahui dapat meningkatkan fleksibilitas tubuh serta menurunkan tekanan darah. Bukan itu saja, yoga ternyata juga dapat menurunkan kadar kortisol yang berhubungan dengan stress. Jadi, bukan hanya bermanfaat untuk kelenturan dan kekuatan tubuh, yoga juga merupakan cara menenangkan pikiran dan hati yang efektif.
  5. Tidur cukup. Kekurangan tidur bukan hanya berdampak buruk bagi kesehatan, namun juga mempengaruhi mood Anda. Bahkan, jika dibiarkan berlarut-larut, kekurangan tidur bisa membuat Anda depresi. Salah satu cara menenangkan pikiran dan hati yang sedang ruwet adalah dengan tidur cukup selama 8 jam setiap malam. Ketika Anda mendapatkan istirahat yang cukup, pikiran dan suasana hati akan lebih segar sehingga stress pun terlupakan.

Tahukah Anda bila Anda dapat dengan cepat dan mudah mendapatkan informasi untuk menemukan tempat les atau guru Yoga atau bahkan dengan instruktur lainnya dengan berkunjung ke situs Seekmi?  Seekmi memudahkan Anda mencari setiap jenis jasa yang Anda butuhkan.

[sumber gambar: huffingtonpost.com]

Facebook Comments

No Comments

Post a Comment