Makanan untuk Jantung Sehat Sangatlah Penting Bagi Anda

Makanan untuk Jantung Sehat Sangatlah Penting Bagi Anda
sumber gambar: http://mydukandiet.com/dieting/do-i-really-need-to-eat-those-eggies.html

Penting untuk Memilih Makanan untuk Jantung Sehat

Jantung merupakan salah satu organ penting dalam tubuh kita. Hal ini karena, jantung memiliki andil yang sangat besar untuk memperlancar berbagai proses dalam tubuh.  Jantung bekerja setiap harinya dengan memompa darah sekaligus mendistribusikan oksigen ke seluruh bagian tubuh, kemudian menampungnya kembali setelah selesai dibersihkan oleh paru-paru. Inilah yang kita kenal sehari-hari sebagai fungsi metabolisme dalam tubuh.

Mengetahui betapa vitalnya jantung bagi kelangsungan hidup, sebagai manusia tentu kita berharap dapat memiliki jantung sehat hingga di masa mendatang. Sayangnya, menurut penelitian yang dipublikasikan oleh Centers for Disease Control Prevention (CDC) menyebutkan bahwa jantung manusia dapat mengalami penuaan seiring dengan bertambahnya usia. Selain itu, gaya hidup yang tidak sehat, serta penyakit jantung yang diderita juga menjadi faktor determinan yang mempercepat proses penuaan organ ini.

Pada dasarnya, ketika jantung mengalami penuaan lebih cepat dari yang seharunya, kesehatan kita jadi merugi. Mengapa? Karena dengan demikian, kinerja jantung pun mengalami degradasi saat menjalankan fungsinya. Oleh sebab itu, kita harus sadar pentingnya menjaga kesehatan jantung sedari dini.

Menyehatkan jantung dapat dilakukan dengan berbagai cara. Cara termudah yang dapat kita lakukan adalah dengan mulai melakukan gaya hidup sehat dan aktif. Kita dapat memulainya dengan berhenti merokok, agar kesehatan jantung dan seluruh organ pernafasan kita tetap terjaga. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan kegiatan olahraga yang rutin, khususnya olahraga kardio yang akan berkhasiat membuat jantung menjadi awet muda.

Hal lain yang perlu diperhatikan untuk menyukseskan gaya hidup sehat juga berasal dari pola makan. Kita harus cermat memilih makanan untuk jantung sehat. Selain itu kita juga sebaiknya memiliki pola makan dengan intensitas teratur dan porsi yang terkendali.

Memilih Makanan Untuk Jantung Sehat Anda

Salah satu makanan untuk jantung sehat ialah ikan. Ikan ternyata tidak hanya baik untuk perkembangan otak, mencegah depresi dan mengurangi potensi kehilangan pendengaran saja, melainkan juga memiliki khasiat untuk menyehatkan jantung dalam jangka panjang. Bagaimana mungkin?

Ikan kaya akan omega-3 yang apabila dikonsumsi secara rutin ternyata mampu mengurangi tekanan darah dan mencegah Aritmia atau sindrom irama jantung yang tidak teratur. Beberapa rekomendasi jenis ikan yang baik untuk kita konsumsi ialah ikan salmon, ikan tuna, ikan mackerel atau ikan air tawar seperti ikan herring dan ikan trout

Selain ikan, makanan untuk jantung sehat lainnya adalah kacang-kacangan. Segelintir contoh yaitu kacang almond dam kacang walnut, ternyata dapat membuat kita merasa kenyang lebih cepat bila kita tambahkan ke dalam menu makan sehari-hari. Di sisi lain, kandungan vitamin, mineral serta lemak tak jenuh tunggal juga berkhasiat mempertahankan kinerja jantung dengan baik.

Kurang suka mengonsumsi ikan atau kacang-kacangan? Jangan khawatir! Masih banyak daftar makanan untuk jantung sehat.

Apakah Anda penggemar makanan manis berupa coklat? Bersyukurlah karena salah satu jenis coklat yaitu, dark chocolate ternyata masuk ke dalam golongan makanan untuk jantung sehat. Rasa yang lezat dari coklat hitam ini juga diiringi dengan nutrisi baik yang dikandungnya. Dark chocolate mengandung flavonoid yang mencegah proses penggumpalan darah sehingga menjadi plak. Oleh sebab itu, para penggemar dark chocolate tidak perlu cemas mengalami penyakit jantung jika gemar mengonsumsi makanan sehat ini.

Dari ranah buah-buahan, ada beberapa buah yang secara spesifik terbukti mampu menjadi asupan sehat bagi jantung. Salah satunya adalah buah alpukat.  Alpukat mengandung nutrisi kompleks berupa sumber asam tak jenuh tunggal, vitamin E, folat dan antioksidan yang mampu memerangi kanker, juga mengoptimalkan fungsi jantung.

Selain alpukat, tomat juga termasuk ke dalam daftar ini. Tomat mengandung vitamin C, vitamin A, kalium, serat dan mineral lainnya yang baik untuk dikonsumsi dalam intesitas ruitn. Beberapa penelitian yang dipublikasikan oleh American Heart Association Journals juga menyebutkan bahwa buah ini dapat membantu memerangi penyakit jantung.

Selanjutnya, ada buah apel yang tidak kalah bermanfaat. Menurut Finnish Heart Association, sering makan buah apel dapat mengurangi resiko kematian akibat penyakit jantung koroner dan penyakit stroke. Luar biasa, bukan?  Bahkan tidak sedikit pula dokter yang merekomendasikan buah ini sebagai diet sehat bagi penderita penyakit jantung.

Sebagai kombinasi, ragam buah-buahan lainnya ternyata juga memiliki manfaat serupa. Termasuk di dalamnya yaitu buah beri. Beberapa yang kita kenal yaitu strawberry, blueberry dan raspberry dapat meningkatkan jumlah kolesterol baik dalam tubuh dan membuat pembuluh darah kita menjadi lebih rileks. Sehingga, kesehatan jantung pun akan terus stabil.

Facebook Comments

3 Comments

Post a Comment