Konsula Secara Resmi Meluncurkan Konsula.com

Setelah mendapatkan dana seed dari East Ventures di bulan Oktober tahun ini, Konsula akhirnya meluncurkan versi lengkap dari Konsula.com, Direktori Dokter #1 Indonesia Dimana Pasien Dapat Membuat Janji Dokter Online.

Screenshot_5

Dengan misi membuka akses kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia, Konsula mempersembahkan dua produk: Konsula Search dan Konsula Connect.

Konsula Search merupakan direktori dokter #1 Indonesia, situs pertama di Indonesia yang menyediakan layanan pembuatan janji dokter online. Direktori ini di desain khusus untuk menghubungkan pasien dengan tenaga professional kesehatan yang paling sesuai seperti dokter, fisioterapis, tenaga kesehatan alternatif terdaftar, maupun dokter hewan.

Di bulan Januari 2016 tahun depan, Konsula akan meluncurkan produk keduanya: Konsula Connect. Konsula Connect merupakan peranti lunak berbasis cloud, yang akan membantu dokter dan klinik untuk mengoptimalkan praktek mereka. Produk ini memungkinkan dokter untuk fokus pada kemampuan terbaik mereka: yaitu mengobati pasien. Sebagai pengguna Konsula, dokter tidak perlu lagi mengkhawatirkan hal-hal lainnya seperti manajemen klinik.

Konsula percaya bahwa digitalisasi sektor kesehatan Indonesia merupakan hal yang sangat penting untuk membantu jutaan masyarakat Indonesia dalam mendapatkan akses kesehatan yang lebih baik.

Screenshot_3

Berdasarkan survei yang dilaksanakan Konsula terhadap 500 pasien dengan rentang umur antara 18 – 55 tahun, 94% dari responden menyatakan bahwa mereka memeriksakan diri ke dokter sedikitnya tiga kali dalam setahun. Selain itu, terdapat tiga alasan utama bagi pasien dalam memilih dokter, yaitu diantaranya, lokasi, reputasi, dan adanya rekomendasi. Tiga hal ini telah menjadi filter yang dapat dipilih pasien dalam melakukan pencarian dokter di Konsula Search. Faktor lainnya yang berhubungan erat dengan keinginan pasien untuk memilih dokter adalah waktu tunggu.

“Secara konvensional, seorang pasien biasanya harus menghabiskan waktu sekitar tiga setengah jam untuk mencari dokter melalui rekomendasi keluarga dan teman, melakukan reservasi janji dokter, registrasi di klinik, maupun menunggu hingga bertemu dokter. Berdasarkan tes-tes yang dilakukan Konsula kepada 150 pengguna, Konsula Search dapat mempersingkat proses ini sehingga pasien hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk menyelesaikan seluruh proses pencarian, reservasi, registrasi online, dan menunggu sebelum akhirnya sang pasien dapat bertemu dokter. Setelah konsultasi berakhir, pasien dapat memberikan rekomendasi dan testimoni kepada dokter. Dengan kedua produk kami, kami ingin membawa hubungan dokter dan pasien ke tingkat yang jauh lebih nyaman.” Shinta Nurfauzia, CEO Konsula, menjelaskan secara rinci.

Screenshot_4

Saat ini, Konsula telah berhasil menarik 800 dokter setelah beta launch yang mereka laksanakan tanggal 28 Oktober 2015. Bahkan, Jika terdapat pasien yang ingin melakukan reservasi janji dengan dokter yang tidak ada di dalam database Konsula, Konsula tetap menyanggupi untuk melakukan reservasi dengan dokter tersebut sehingga pasien tidak perlu kebingungan. Dengan demikian, pasien dapat melakukan pembuatan janji secara online dengan dokter manapun—termasuk dokter-dokter yang tidak ada dalam database mereka—melalui website Konsula atau sms dan whatsapp ke +62 812 9190 2100.

Layanan Konsula Search disediakan gratis untuk pasien. Untuk mendapatkan berita terbaru mengenai Konsula, buka situs mereka di www.Konsula.com untuk berlangganan newsfeed mereka. Anda juga bisa mendapatkan tips harian mengenai kesehatan dari Konsula melalui blog.konsula.com.

Facebook Comments