Keuntungan Menggunakan BPJS Kesehatan

Keuntungan Menggunakan BPJS Kesehatan

Keuntungan menggunakan BPJS Kesehatan bukan hanya bisa dirasakan warga yang kurang mampu, melainkan oleh semua masyarakat Indonesia. Sudah tahu apa saja keuntungan menggunakan BPJS Kesehatan?

BPJS Kesehatan sendiri merupakan Badan Usaha Milik Negara yang menyelenggarakan jaminan pemeliharaan kesehatan untuk setiap warga Indonesia. Sebelumnya bernama Askes (Asuransi Kesehatan), BPJS Kesehatan mulai beroperasi sejak 1 Januari 2014.

Secara singkat, BPJS Kesehatan bisa dikatakan sebagai program asuransi Pemerintah Indonesia yang memberikan jaminan pemeliharaan kesehatan secara terjangkau dan lengkap. Selain ditujukan untuk perorangan, BPJS Kesehatan juga diharapkan dapat melindungi jaminan kesehatan para pekerja.

Sebagian masyarakat masih mengira BPJS Kesehatan adalah jaminan kesehatan untuk warga kurang mampu sehingga hanya memberikan layanan seadanya, bahkan kurang memuaskan. Namun, sebenarnya banyak keuntungan menggunakan BPJS Kesehatan yang bisa Anda rasakan, tak peduli apakah Anda termasuk golongan mampu atau kurang mampu.

6 Keuntungan Menggunakan BPJS Kesehatan

Kesadaran masyarakat untuk berasuransi kian meningkat. Tak ayal, ketika layanan BPJS Kesehatan mulai beroperasi pada 1 Januari 2014 lalu, animo masyarakat untuk mendaftarkan diri sangat tinggi.

Jika Anda belum memiliki BPJS Kesehatan, atau sedang berpikiran untuk mendaftarkan anggota keluarga Anda, ada baiknya terlebih dulu menyimak sejumlah keuntungan menggunakan BPJS Kesehatan berikut ini:

  1. BPJS Kesehatan menanggung hampir semua penyakit. Keuntungan menggunakan BPJS Kesehatan yang utama adalah program ini menanggung hampir semua penyakit selama merupakan indikasi medis dan sesuai prosedur. Ini tentu sangat menguntungkan peserta yang berasal dari latar belakang berbeda dan memiliki potensi risiko penyakit yang beragam. Namun, perlu dicatat, kondisi atau prosedur yang sifatnya estetika, infertilitas, pengobatan alternatif dan komplementer tidak masuk dalam tanggungan BPJS Kesehatan
  2. Menjamin kondisi atau penyakit yang kerap dikecualikan asuransi swasta. Mungkin Anda berpikir tidak membutuhkan BPJS Kesehatan karena sudah menjadi peserta salah satu asuransi swasta. Akan tetapi, salah satu keuntungan menggunakan BPJS Kesehatan adalah adanya jaminan untuk penyakit dan kondisi yang kerap tidak masuk dalam pertanggungan asuransi swasta. Bahkan, wanita hamil juga bisa merasakan keuntungan menggunakan BPJS Kesehatan karena program ini menanggung biaya pemeriksaan rutin kehamilan hingga persalinan. Begitu juga dengan penyakit bawaan lahir, penyakit hormonal dan penyakit jiwa yang biasanya tidak masuk tanggungan kebanyakan asuransi swasta.
  3. Premi atau iuran terjangkau. Premi yang mahal kerap membuat masyarakat Indonesia ragu-ragu untuk berasuransi. Namun, keuntungan menggunakan BPJS Kesehatan adalah nominal premi atau iuran yang sangat terjangkau. Anda sudah bisa menjadi peserta BPJS Kesehatan dengan iuran bulanan mulai dari Rp 25.500 untuk fasilitas rawat inap kelas 3, Rp 45.500 untuk fasilitas rawat inap kelas 2 hingga Rp 59.500 untuk fasilitas rawat inap kelas satu. Bukan hanya menjamin rawat inap dan obat, keuntungan menggunakan BPJS Kesehatan adalah adanya jaminan pengobatan seperti cuci darah rutin, pembedahan atau operasi hingga biaya ambulance dan pelayanan forensik.
  4. Tidak ada pengecualian untuk kondisi sebelumnya (pre-existing condition). Keuntungan menggunakan BPJS Kesehatan lainnya adalah program ini tidak membatasi jaminan meskipun peserta sudah mengidap penyakit sebelum mengikuti program BPJS Kesehatan. Misalnya, jika seorang peserta BPJS Kesehatan diketahui sudah memiliki penyakit gula ataupun penyakit kritis seperti kanker, ginjal dan jantung, BPJS Kesehatan akan tetap menanggung biaya perawatan untuk penyakit-penyakit tersebut.
  5. Tidak perlu medical check up. Karena tidak melihat kondisi sebelumnya, maka keuntungan menggunakan BPJS Kesehatan lain yang bisa Anda rasakan adalah tidak adanya pemeriksaan medis atau medical check up sebelum menjadi peserta. Keuntungan menggunakan BPJS Kesehatan ini tentu sangat berarti bagi peserta yang tinggal cukup jauh dari pusat layanan kesehatan yang memiliki laboratorium atau jika Anda termasuk pekerja sibuk yang sulit meluangkan waktu untuk medical check up.
  6. Jaminan seumur hidup. Keuntungan menggunakan BPJS Kesehatan lainnya adalah adanya jaminan seumur hidup bagi peserta. Biasanya, pada asuransi swasta, jaminan kesehatan hanya berlaku hingga usia tertentu. Jika Anda ingin memperpanjang jaminan kesehatan hingga usia 80 atau 90 tahun, biayanya akan sangat mahal. Nah, keuntungan menggunakan BPJS Kesehatan adalah program ini berani menanggung biaya pelayanan kesehatan peserta hingga mereka berusia 100 tahun, bahkan seumur hidup.

Itulah 6 keuntungan menggunakan BPJS Kesehatan yang bisa Anda rasakan. Nah, jika Anda ingin merasakan keuntungannya, Anda bisa mendaftarkan diri secara mudah. Anda cukup mendaftar di Kantor BPJS Kesehatan dan mengisi formulir Daftar Isian Peserta dengan melampirkan fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi KTP/paspor, fotokopi buku tabungan dan pas foto 3×4.

Setelah mendaftar, Anda akan mendapatkan nomor Virtual Account bank-bank yang bekerja sama seperti BRI, Mandiri dan BNI. Nomor virtual account ini sendiri adalah untuk melakukan pembayaran iuran. Setelah itu, bukti pembayaran iuran diserahkan kembali ke Kantor BPJS Kesehatan agar bisa dibuatkan kartu kepesertaan BPJS Kesehatan.

[sumber gambar: BPJS Kesehatan]

Facebook Comments

5 Comments

  • Chau rua inox cong nghiep

    January 15, 2016 at 11:10 pm

    372731 702434Some genuinely marvellous function on behalf with the owner of this internet web site, utterly outstanding content material. 377656

  • buy backlinks

    January 18, 2016 at 3:41 am

    979950 690636Id always want to be update on new content on this website , saved to fav! . 50275

  • life insurance lawyer attorney

    January 21, 2016 at 7:17 am

    52193 231534Extremely fascinating subject , regards for putting up. 138750

  • life insurance lawyer attorney

    January 22, 2016 at 6:20 am

    99922 317298the most common table lamp these days still use incandescent lamp but some of them use compact fluorescent lamps which are cool to touch.. 867907

  • economics tuition

    January 26, 2016 at 12:36 am

    781749 496826Remarkable weblog layout here. Was it hard creating a good seeking internet site like this? 220494

Post a Comment