Intense Pulsed Light (IPL), Metode Hilangkan Rambut Secara Permanen

sumber : skintighteningsage.com

Rambut berfungsi untuk melindungi kulit dari udara dingin, debu, kotoran, dan paparan kimiawi lainnya. Akan tetapi, tumbuhnya rambut pada bagian tubuh tertentu dirasa cukup mengganggu penampilan, terutama bagi sebagian kaum wanita. Umumnya, penghilangan rambut dilakukan dengan cara mencukur, waxing, atau pencabutan. Namun, metode-metode tersebut kini kurang disukai karena menimbulkan rasa nyeri dan meninggalkan noda kehitaman serta pembesaran pada pori-pori. Metode yang popular di klinik kecantikan saat ini adalah IPL (Intense Pulsed Light).

IPL merupakan teknik penghilangan rambut yang dilakukan dengan bantuan sinar spektrum luas pada kulit. Prosedur perawatannya dilakukan dengan memancarkan sinar tersebut pada daerah yang berambut untuk merusak folikel rambut. IPL yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu secara berkala dapat menahan pertumbuhan rambut baru selama beberapa waktu lebih lama dibandingkan dengan teknik pencukuran maupun waxing. Rambut baru yang tumbuh umumnya menjadi lebih halus dan lebih pucat. Bahkan, menurut testimoni dari para pelanggan di beberapa klinik kecantikan terbaik, rambut tersebut dapat menghilang secara permanen dan tidak tumbuh kembali.

Proses penghilangan rambut dengan IPL dilakukan dengan cukup cepat, yakni tidak lebih dari 30 menit. Pada beberapa orang dengan kulit yang sensitif mungkin akan terasa sensasi nyeri ringan seperti tersengat panas. Akan tetapi, pada umumnya terapi dengan IPL yang dilakukan oleh klinik kecantikan terbaik tidak menimbulkan rasa nyeri sama sekali.

Sebelum dilakukan proses utama dari perawatan dengan IPL, area kulit yang akan diterapi dibersihkan terlebih dahulu. Selanjutnya, dilakukan proses pencukuran rambut dengan alat cukur khusus. Setelah itu, kulit dioles dengan gel untuk memberikan rasa dingin dan melindungi kulit agar tidak terbakar saat proses utama pada IPL berlangsung. Setelah proses utama IPL berlangsung, sisa gel dibersihkan, lalu dioleskan cairan anti iritasi pada kulit. Usai perawatan, kulit sebaiknya dihindarkan dari paparan sabun atau kosmetik agar tidak terjadi iritasi.

Biaya perawatan dengan metode IPL ini masih tergolong cukup tinggi dan hanya dapat dilakukan di klinik kecantikan dengan terapis yang terlatih atau dokter spesialis kulit. Terapi dengan IPL dapat dilakukan oleh semua usia. Namun, ibu hamil disarankan untuk tidak melakukannya. Wanita yang sedang menstruasi diperbolehkan melakukan terapi IPL, tapi hindari daerah kewanitaan karena saat menstruasi kulit di area tersebut menjadi lebih sensitif dari biasanya.

Untuk mendapatkan informasi lebih detail mengenai IPL, silakan berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kulit atau klinik kecantikan terbaik yang dapat Anda temukan di laman direktori Konsula. Karena harus dilakukan secara berkala, maka banyak klinik kecantikan yang menawarkan paket perawatan IPL. Dapatkan juga diskon atau paket perawatan kecantikan dengan IPL melalui website Konsula.

 

Sumber:

  • Avram., M. R., 2014, Laser and Light Source Treatments for the Skin, Jaypee Brothers Medical Publisher (P) Ltd., New Delhi
  • Raulin C., dan Syrus Karsai, 2011, Laser and IPL Technology in Dermatology and Aesthetic Medicine, Springer, Karlsruhe
Facebook Comments