Gejala Kanker Serviks Stadium Awal

Gejala Kanker Serviks Stadium Awal

Mengenali gejala kanker serviks stadium awal dapat menjadi penyelamat jiwa penderita kanker serviks. Apalagi, faktanya kanker serviks adalah jenis kanker yang paling banyak menyerang wanita Indonesia, di mana sekitar 52 juta wanita Indonesia memiliki risiko terkena kanker serviks. 

Kanker serviks sendiri merupakan penyakit yang disebabkan human papilloma virus atau HPV yang menyerang leher rahim. Penyebab penularan virus tersebut bisa dikarenakan faktor genetik, gaya hidup tidak sehat seperti merokok dan minum minuman beralkohol, berganti-ganti pasangan seks, radiasi ataupun pencemaran bahan kimia.

Satu hal yang menjadikan kanker serviks penyakit mematikan adalah karena gejala kanker serviks stadium awal kerap tidak disadari oleh penderitanya. Sebagian penderita kanker serviks baru menyadari dirinya mengidap penyakit tersebut ketika sudah memasuki stadium lanjut sehingga lebih sulit untuk pulih.

Karena itu, para wanita dianjurkan untuk menambah wawasan mereka agar dapat melakukan deteksi dini gejala kanker serviks stadium awal sehingga meningkatkan peluang kesembuhan dari penyakit mematikan tersebut. Simak penjelasan lengkap mengenai gejala kanker serviks stadium awal berikut ini.

Gejala Kanker Serviks Stadium Awal yang Perlu Diketahui

Seperti disebutkan sebelumnya, gejala kanker serviks stadium awal sering tidak disadari para penderitanya, terutama wanita Indonesia, sehingga mereka baru berobat ketika telah memasuki stadium akhir. Salah satu penyebabnya adalah minimnya kesadaran wanita Indonesia maupun negara-negara berkembang lainnya untuk melakukan deteksi rutin kanker serviks. 

Secara umum, stadium kanker serviks memiliki lima tingkatan. Pada stadium 0, kanker atau karsinoma baru ditemukan pada lapisan sel-sel yang melapisi jaringan epitel leher rahim. Biasanya, pada stadium ini, kanker serviks tidak memiliki gejala apapun sehingga sulit mendeteksi gejala kanker serviks stadium awal. Pada stadium 1, invasi karsinoma masih terbatas pada serviks atau leher rahim dan belum menyebar. Meningkat pada stadium 2, yaitu ketika sel-sel kanker mulai menginvasi keluar dari serviks namun tidak mencapai dinding pelvis. Setidaknya sekitar 1/3 bagian bawah vagina sudah terserang kanker.

Ketika mencapai stadium 3, kanker semakin parah karena menjalar ke dinding pelvis. Umumnya, pada stadium ini penderita kanker serviks juga mengalami gagal ginjal atau disebut juga dengan istilah hidronefrosis. Pada stadium akhir atau stadium 4, luas karsinoma menyebar ke organ-organ yang berdekatan dengan vagina. Pada sejumlah kasus, sel-sel kanker akan menyerang ke organ-organ lain di dalam tubuh sehingga proses penyembuhan akan lebih sulit, bahkan dalam beberapa kasus tidak bisa disembuhkan.

Meskipun gejala kanker serviks stadium awal kerap tidak disadari, sebenarnya ada beberapa kondisi yang bisa dijadikan petunjuk jika seseorang mengidap kanker serviks, yaitu:

  • Pendarahan tidak normal

Salah satu gejala kanker serviks stadium awal adalah terjadinya pendarahan yang tidak normal pada bagian vagina. Dalam kurun satu bulan, penderita kanker serviks bisa mengalami pendarahan parah atau bahkan hanya sedikit.

  • Keputihan yang parah

Gejala kanker serviks stadium awal lainnya yang patut diwaspadai adalah jika Anda mengalami keputihan yang terbilang parah. Jika Anda mengalami keputihan berbau tak sedap atau sangat berlendir dan tidak biasa, segera periksakan diri Anda ke dokter kandungan.

  • Timbul rasa nyeri ketika buang air kecil

Rasa nyeri saat Anda buang air kecil juga merupakan salah satu gejala kanker serviks stadium awal yang patut diwaspadai. Bahkan, jika terasa nyeri ketika buang air kecil, bisa jadi kanker telah menyebar ke kandung kemih yang notabene tingkatan kanker telah meningkat menjadi stadium lanjut.

  • Nyeri panggul di luar masa menstruasi

Sejumlah wanita merasakan nyeri pada panggul saat mengalami menstruasi. Namun, jika Anda merasakannya saat tidak menstruasi, ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter kandungan. Pasalnya, rasa nyeri pada panggul di saat-saat selain masa menstruasi, apalagi jika rasa nyeri tersebut sangat parah dan berlangsung selama berjam-jam, bisa menjadi salah satu gejala kanker serviks stadium awal.

  • Terjadi pendarahan setelah berhubungan seks, pemeriksaan panggul atau di luar masa menstruasi

Pendarahan yang terjadi ketika tidak sedang menstruasi atau setelah melakukan hubungan seks atau saat pemeriksaan panggul bisa merupakan gejala kanker serviks stadium awal. Ini terjadi karena adanya iritasi pada leher rahim. Segera periksakan diri ke dokter kandungan untuk memastikan apakah kondisi yang Anda alami merupakan gejala kanker serviks stadium awal atau bukan.

Itulah beberapa gejala kanker serviks stadium awal yang perlu Anda ketahui. Sebelum diri Anda mendapati gejala kanker serviks stadium awal, lebih baik lakukan pencegahan penyakit mematikan itu sejak dini dengan cara vaksin HPV dan melakukan pemeriksaan pap smear secara teratur. Selain itu, gaya hidup sehat seperti menghindari rokok dan makanan berlemak serta tidak berganti-ganti pasangan seksual pun dapat mengurangi kemungkinan terkena kanker serviks.

[sumber gambar: ama-zonas.net

Facebook Comments

4 Comments

  • www.baredmonkey.com

    January 19, 2016 at 1:57 pm

    143697 746771I conceive this site contains some rattling superb information for everyone : D. 838661

  • life insurance lawyer attorney

    January 21, 2016 at 12:34 am

    705543 73238Aw, it was an really very good post. In thought I would like to set up writing related to this furthermore – taking time and actual effort to create a quite very good article but exactly what do I say I procrastinate alot and also no indicates manage to go done. 822376

  • steroid for strength

    January 21, 2016 at 2:48 am

    46573 267725I really love the theme on your website, I run a web site , and i would adore to use this theme. Is it a free style, or is it custom? 665685

  • economics tuition

    January 25, 2016 at 5:56 pm

    426843 755996Of course like your site but you want to check the spelling on several of your posts. Several of them are rife with spelling difficulties and I locate it really bothersome to tell the truth nevertheless Ill undoubtedly come back once again. 420827

Post a Comment