Ejakulasi Dini? Dampak dan Cara Mengatasinya

Ejakulasi Dini? Dampak dan Cara Mengatasinya
sumber gambar : http://www.doctortipster.com/wp-content/uploads/2014/09/Premature-Ejaculation.jpg Ejakulasi Dini

Sebelum kita membahas terlalu jauh tentang pembahasan artikel ini secara detail mengenai Ejakulasi dini lebih dahulu dengan baiknya kita mengetahui apa sebenarnya ejakulasi itu sendiri. Ejakulasi itu sendiri adalah proses pemakaian air mani dari penis, yang pada umumnya terjadi pada akhir siklus seksual laki-laki. Ketika seorang pria sedang terangsang secara seksual, kolam semen dalam saluran ejakulasi, yang terletak di mana vas deferens memenuhi vesikula seminalis, kelenjar prostat belakang dan di dalam panggul laki-laki. Ketika gairah seksual mencapai puncaknya, otot-otot dalam kontrak kelenjar penis dan prostat, memaksa air mani melalui uretra dan keluar dari ujung penis.

Setelah kita membahas mengenai ejakulasi disini kita akan masuk ke lebih dalam lagi dalam permasalahan seksual yang sangat amat menggangu dalam hubungan suami istri yaitu Ejakulasi dini. Ejakulasi dini sendiri adalah suatu masalah ketidakberdayaan pria dalam mengontrol ejakulasinya agar terjadi sesuai yang diharapkan,  pria mempunyai cenderung lebih cepat keluar sperma dibarengi dengan orgasme. Setelah ejakulasi pria cenderung tidak berdaya dan tentunya kecewa merasa kepuasan mereka belum diperoleh secara optimal. Dan kekecewaan tersebut bukan hanya terjadi pada pria, tetapi terhadap pasangan mainnya. Sebab wanita membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai orgasme.

Pengertian lebih mudahnya adalah jika secara konsiten dan terus-menerus anda tidak dapat memuaskan istri anda saat berhubungan seks akibat terlalu cepatnya anda selesai dalam berhubungan seksual berarti anda mengalami ejakulasi dini.

Ejakulasi dini terbagi menjadi dua, yaitu:

  • Ejakulasi dini sekunder, yaitu saat ejakulasi dini terjadi pada seorang pria yang sebelumnya memiliki riwayat ejakulasi normal.¬†Jenis ejakulasi ini adalah jenis yang paling umum.
  • Ejakulasi dini primer, yaitu ejakulasi dini yang selalu dialami oleh pria sejak pertama dan setiap kali berhubungan seks. Jenis ini sangat jarang terjadi.
Dari penelitian yang pernah dilakukan untuk mengetahui apakah seseorang ejakulasi dini atau tidak ada 2 (dua) contoh penelitian, yaitu:
  • Durasi sesorang untuk mendapatkan orgasme yang normal adalah dari 5-15 menit. Jadi untuk mengetahui mengalami ejakulasi dini atau tidak anda bisa menjadikan 5-15 menit tersebut sebagai patokan.
  • Dengan melakukan 10-20 goyangan dalam berhubungan sex, jika seorang lelaki dapat menahan ejakulasi disaat sudah melampaui lebih dari 20 goyangan maka dia dinyatakan tidak mengalami ejakulasi dini, tetapi sebaliknya jika dia tidak mampu bertahan dalam 10-20 goyangan maka dia dinyatakan mengalami disfungsi seksual yaitu ejakulasi dini.

Kebanyakan laki-laki mengalami ejakulasi setelah mereka mulai melewati masa pubertas. Jumlah air mani umumnya sangat kecil pertama kalinya. Saat anak laki-laki melewati masa pubertas, jumlah air mani yang dilepaskan selama ejakulasi meningkat dan ejakulasi mengandung lebih banyak hidup sperma.

Beberapa penyebab mengapa pria mengalami ejakulasi dini baik sesekali atau kronis karena beberapa faktor yaitu faktor genetika, manstrubasi, terlalu bergairah, kurang pengalaman berhubungan intim, sensitivitas, kekurangan hormone steroin, impoten, mengkonsumsi obat-obatan tertentu, dan penyakit fisik. Banyak pria dapat mengatasi masalah melalui teknik pengurangan stres, terapi seksual, atau komunikasi yang kuat dengan pasangan seksual mereka.

Dampak Ejakulasi dini

Terdapat banyak dampak akibat terjadinya ejakulasi dini. Beberapa masalah yang terjadi biasanya akan berimbas dalam hubungan seksual dalam rumah tangga yang akhirnya mempengaruhi keadaan rumah tangga itu tersebut. Rumah tangga menjadi tidak harmonis, dan biasanya berujung pada perselingkuhan. Pria yang mengalami ejakulasi dini merasa tidak puas karena hubungan seksual berlangsung singkat tidak sesuai dengan yang diharpakan akhirnya menimbulkan stress dan tidak percaya diri yang terkadang bisa berlebihan. Walawpun pada akhirnya mengalami orgasme tetapi pria yang mengalami ejakulasi dini merasa kecewa karena tidak bisa memberikan kepuasan terhadap pasangannya.

Beberapa cara mengatasai Ejakulasi dini

Memanfaatkan kekuatan pikiran

Cara ini adalah salah satu cara yang cukup efektif, anda harus memindahkan pikiran anda pada saat berhubungan seksual dengan pasangan anda terhadap aktifitas lainnya, misalnya : pada saat berhubungan seksual anda mengingat suatu rumus matematika dan anda berusaha memecahkannya, atau anda bisa mengalihkan fokus anda ke hal-hal yang menyenangkan untuk mengalihkan kegiatan seksuan yang sedang anda lakukan. Hal ini memang agak tricky tapi dengan sedikit latihan, perlahan-lahan masalah ejakulasi dini bisa teratasi dengan kekuatan pikiran seperti ini.

Menekan batang organ vital

Cara ini bisa di bilang cara yang cukup klasik, ketika anda merasakan akan tanda-tanda mengeluarkan sperma, anda tinggal cukup menekan batang organ vital anda. Cara ini cukup untuk menahan beberapa waktu untuk ejakulasi. Masalahnya cara ini membuat anda tidak merasakan nikmatnya bercinta dan sangat sulit dilakukan. Cara lain adalah menggunakan kondom yang lebih tebal dari biasanya, dengan adanya kondom tebal yang otomatis menggangu sensitifitas organ vital anda sehingga menghambat terjadinya proses ejakulasi.

Memanfaatkan bantuan obat

Ejakulasi dini yang diakibatkan oleh tingkat stress yang tinggi akan mudah teratasi dengan obat anti despresi, tapi dengan menggunakan obat-obatan tersebut biasanya akan membuat yang mengkonsumsinya menjadi ketergantungan.

Mencoba relaks

Relaks adalah suatu kegiatan melepaskan ketegangan dan mengembalikan keseimbangan baik pikiran maupun tubuh. Dengan adanya proses relaks itu maka akan memudahkan anda dalam berkomunikasi untuk mencapai kepuasan seksualitas dengan pasangan anda.

Terapi

Cara terakhir adalah cara yang paling menguntungkan, karena dalam cara ini dibutuhkan kerjasama dengan pasangan anda agar sama-sama berdiskusi cara yang baik yang bertujuan untuk mengatur frekuensi dan durasi untuk mencapai ejakulasi. Terapi ini seperti yang dibahas di cara sebelumnya yaitu penekanan organ vital anda, tapi bedanya dilakukan dengan 3 jari untuk menahan dan menunda ejakulasi.

Nah itulah pengertian ejakulasi dini. Berbagai cara bisa membatu anda dalam mencegah ejakulasi dini. Cara lainnya juga anda bisa dengan mengehentikan kebiasaan merokok. Semoga semuanya bisa menjadi pembangkit lagi hubungan seksual anda dengan pasangan anda.

Facebook Comments

6 Comments

  • Pembicara Internet Marketing

    January 3, 2016 at 1:48 am

    Hey there, You’ve done a great job. I will definitely digg it and personally suggest to my friends. I am confident they’ll be benefited from this website.|

  • NYC laser hair removal

    January 15, 2016 at 1:40 pm

    190163 593014This post post made me think. I will write something about this on my blog. 651733

  • life insurance lawyer attorney

    January 22, 2016 at 2:32 am

    175373 111194Outstanding read, I just passed this onto a colleague who was doing just a little research on that. And he really bought me lunch as I discovered it for him smile So let me rephrase that: Thank you for lunch! 451165

  • go to this web-site

    January 22, 2016 at 2:37 am

    504962 211176Hi there! Excellent post! Please do tell us when I could see a follow up! 297538

  • economics tuition

    January 24, 2016 at 12:02 pm

    227691 56745I surely did not recognize that. Learnt 1 thing new today! Thanks for that. 833907

  • economics tuition

    January 25, 2016 at 11:47 am

    391003 180240Reading, watching movies or plays, or similar activities that may bring inspiration. 451713

Post a Comment