Dos and Don’ts Sebelum Melakukan Cek Darah

Umumnya, apabila seseorang tidak merasakan keluhan apa pun pada tubuhnya, ia merasa yakin bahwa dirinya sehat. Padahal, belum tentu seperti itu. Ada penyakit yang tidak menampakkan gejalanya di awal, tetapi ketika terdeteksi ternyata sudah dalam tingkat yang parah. Penyakit seperti ini umumnya berupa penyakit-penyakit degeneratif. Penyakit degeneratif merupakan penyakit akibat penuaan sel-sel organ atau sistem dalam tubuh. Contoh penyakit degeneratif antara lain adalah jantung, kolesterol, dan diabetes mellitus.

Agar tidak terlambat terdeteksi, sangat penting dilakukan cek kesehatan secara rutin karena tentu kita tidak tahu kapan datangnya penyakit. Pemeriksaan kesehatan atau Medical Check Up (MCU) dapat dilakukan salah satunya dengan cek darah. Sebagian besar penyakit degeneratif dapat dideteksi melalui cek darah lengkap.

Darah bertindak sebagai media yang membawa nutrisi dan oksigen ke jaringan seluruh tubuh. Darah juga membawa produk-produk limbah kembali ke sistem ekskresi untuk dibuang. Aliran darah di dalam tubuh memengaruhi atau dipengaruhi oleh banyak kondisi medis. Karena alasan inilah, cek darah menjadi salah satu tes yang paling umum untuk dilakukan. Cek darah dilakukan dengan mengambil sampel darah dari pembuluh darah vena, umumnya di bagian lengan.

Apa saja yang harus dilakukan sebelum melakukan cek darah lengkap? Sebelum melakukan cek darah, Anda diharuskan berpuasa minimal 10 jam sebelum pemeriksaan dilakukan (hanya boleh minum air putih saja, tidak boleh berpuasa lebih dari 10 jam). Fungsi dilakukannya puasa sebelum cek darah adalah untuk memastikan hasil pemeriksaan tidak dipengaruhi oleh konsumsi makanan terakhir. Untuk menjaga stamina, Anda disarankan untuk beristirahat dengan cukup pada malam hari sebelum dilakukannya pengecekan. Selain persiapan fisik tersebut, penting juga untuk menyiapkan mental ketika mendengar hasil pengecekan. Hal ini karena bisa jadi pemeriksaan menunjukkan hasil yang kurang baik. Namun, pasien wanita tidak disarankan melakukan cek darah pada saat menstruasi.

Biaya cek darah lengkap berkisar antara ratusan ribu dan sangat bervariasi tergantung di mana Anda melakukannya dan seberapa banyak penyakit yang ingin Anda deteksi. Agar lebih hemat, umumnya laboratorium klinik atau rumah sakit menyediakan paket cek darah lengkap. Cari tahu laboratorium klinik mana saja yang menyediakan paket cek darah lengkap dengan harga yang menarik melalui Konsula. Lakukan juga konsultasi online dengan dokter melalui konsula sebelum melakukan pemeriksaan darah, agar Anda mengetahui dengan pasti persiapan yang perlu dilakukan.

Sumber :

Facebook Comments