Demam Berdarah Dengue: Penyakit Biasa Yang Berbahaya!

Demam Berdarah Dengue: Penyakit Biasa Yang Berbahaya!

Sebenarnya demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit yang bisa ditangani dengan mudah, Jika saya boleh memberi komentar, karena ini adalah penyakit yang tidak membutuhkan pengobatan spesifik. Namun jika penyakit ini baru ditangani pada kondisi yang sudah lanjut, terlebih lagi pada pasien anak-anak, penyakit ini dapat menjadi tantangan bagi pasien, tim medis dan keluarga pasien. Mari kita kenal penyakit DBD lebih lanjut.

gejala demam berdarah dengue

Demam Berdarah Dengue
Demam Berdarah Dengue

Menurut data dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) tahun 2009, kasus DBD menyerang 10-25 per 100.000 penduduk. Namun berdasarkan studi yang dilakukan oleh Karyanti dkk, angka itu meningkat pada tahun 2013 menjadi 35-40 per 100.000. Tetapi walaupun demikian, angka kematian tercatat menurun pada tahun 2013 dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Keluhan yang biasa terjadi beragam, tidak setiap orang mempunyai keluhan yang sama. Keluhannya bisa berupa demam mendadak tinggi selama 2-7 hari, disertai lesu, tidak mau makan, muntah, dan diare kadang-kadang ditemukan. Pada anak yang lebih besar, dijumpai keluhan nyeri kepala, nyeri otot, dan nyeri perut. Pendarahan yang paling sering dijumpai adalah dalam bentuk bintik merah di kulit dan mimisan.

fase kritis demam berdarah dengue

Demam Berdarah Dengue
Demam Berdarah Dengue

Hal yang sering mengelabui keluarga pasien adalah saat panas turun pada hari ke-3 dari perjalanan penyakit. Sering kali keluarga pasien beranggapan ternyata anak mereka hanya terkena demam biasa, dimana seharusnya pasien harus segera di larikan ke dokter umum terdekat. Padahal kondisi ini adalah fase kritis dari perjalanan penyakit DBD berat yang merupakan tanda awal syok. Jika penyakit demam berdarah dengue tidak segera ditangani, pasien dapat menderita DBD ensefalopati, kondisi dimana telah terjadi edema otak dan alkalosis (derajat keasaman dalam tubuh menjadi basa). Gagal ginjal akut juga dapat terjadi jika terjadi syok berkepanjangan.

Semoga tips ini membantu untuk mengenali dan mencegah lebih dini akibat berbahaya dari penyakit demam berdarah dengue. Bagikan artikel ini untuk membantu teman dan saudara kalian agar dapat mengenal lebih jauh tentang “penyakit biasa yang berbahaya“.

Facebook Comments